Identifikasi Pelanggan

Setiap perusahaan sebaiknya mempunyai data-data mengenai konsumennya. Dengan data yanga ada perusahaan dapat mengidentifikasi konsumen terbaiknya dan terus berupaya mempertahanakan loyalitas bahkan komitmennya, sehingga dapat menjadi pelanggan dalam jangka panjang.

Prospek pelanggan terbaik dapat diketahui pada setiap daftar konsumen yang ada di data base perusahaan. Konsumen terbaik antara lain nampak pada beberapa perilaku berikut :

1. Frekuensi dalam melakukan pembelian
2. Jumlah kuantitas banyak
3. Jumlah nominal pembelian
4. Jangka waktu kunjungan pembelian

Selanjutnya :

* Berilah bobot penilaian pada masing-masing perilaku konsumen tersebut dan jumlahkan.
* Berilah ranking mulai dari yang mempunyai nilai tertinggi hingga terendah
* Adakan komunikasi dengan konsumen terpilih agar terpelihara loyalitas dan komitmennya.


Semoga tips sederhana ini bermanfaat.
Salam sukses

Comments :

0 komentar to “Identifikasi Pelanggan”

Posting Komentar

 
Powered By Blogger

Cari Blog Ini