Setiap perusahaan sebaiknya mempunyai data-data mengenai konsumennya. Dengan data yanga ada perusahaan dapat mengidentifikasi konsumen terbaiknya dan terus berupaya mempertahanakan loyalitas bahkan komitmennya, sehingga dapat menjadi pelanggan dalam jangka panjang.
Prospek pelanggan terbaik dapat diketahui pada setiap daftar konsumen yang ada di data base perusahaan. Konsumen terbaik antara lain nampak pada beberapa perilaku berikut :
1. Frekuensi dalam melakukan pembelian
2. Jumlah kuantitas banyak
3. Jumlah nominal pembelian
4. Jangka waktu kunjungan pembelian
Selanjutnya :
* Berilah bobot penilaian pada masing-masing perilaku konsumen tersebut dan jumlahkan.
* Berilah ranking mulai dari yang mempunyai nilai tertinggi hingga terendah
* Adakan komunikasi dengan konsumen terpilih agar terpelihara loyalitas dan komitmennya.
Semoga tips sederhana ini bermanfaat.
Salam sukses
Langganan:
Posting Komentar (Atom)


Comments :
Posting Komentar